Kilang Minyak Di Indramayu Habis Terbakar Bikin Panik - Kerakini

Kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, terbakar pada Senin (29/3) dini hari. Dikutip dari Antara, saat ini kebakaran masih berlangsung.  Dari foto dan video yang diterima kumparan, api masih terlihat menyala begitu besar serta ditambah lagi dengan kepulan asap hitam. Suara ledakan juga sempat terdengar dari lokasi kejadian. Warga yang berada di lokasi berhamburan menyelematkan diri.

Perlu diketahui, Kilang VI Balongan merupakan kilang keenam dari tujuh kilang Direktorat Pengolahan PT Pertamina (Persero).  Kilang ini mulai beroperasi pada 1994 dan terletak di Indramayu atau sekitar 200 km arah timur Jakarta. Kegiatan bisnis utama di kilang ini adalah mengolah minyak mentah dari Duri dan Minas menjadi produk-produk BBM (Bahan Bakar Minyak), non BBM dan Petrokimia.

Kilang minyak PT Pertamina RU VI yang berada di Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, terbakar pada Senin dini hari (29/3/2021), seperti dilansir Antara.   Hingga berita ini ditulis, kebakaran masih berlangsung hebat. Sebuah akun Twitter @terangsubuh sempat mengunggah video yang diduga ledakan kilang minyak PT Pertamina RU VI tersebut.

“Astagfirullah kilang minyak pertamina indramayu meledak #staysafeindramayu” demikian tulisnya.

Melansir kerakini.com pada Senin (4/2/2019) lalu, salah satu area Pertamina EP Balongan tersebut juga pernah terjadi kebakaran. Namun, Pertamina EP memastikan kebakaran itu bukan terjadi di kilang melainkan di wilayah kerja fasilitas Oil and Gas Transportation (OGT) Pertamina EP Asset 3.

“Kebakaran bukan di kilang minyak Balongan, Sekarang sudah padam,” demikian ungkap Goverment Relation Ast Manager PT Pertamina EP Subang, Field Rizki Vistiari, saat itu.

Berdasarkan laman Pertamina, Kilang VI Balongan adalah kilang keenam dari tujuh kilang Direktorat Pengolahan PT Pertamina (Persero).  Kegiatan bisnis utama di kilang ini adalah mengolah minyak mentah dari Duri dan Minas menjadi produk-produk BBM (Bahan Bakar Minyak), non BBM dan Petrokimia.

Leave a Reply